Diberdayakan oleh Blogger.
COMING SOON

Site Review : JalanTikus.com – One Place for Download, A Badass Mice on Internet

Jumat, 04 April 2014



Jalan Tikus? untuk pengguna internet awam mungkin nama ini terdengar nyeleneh, tapi tahukah agan* bahwa JalanTikus.com adalah sebuah website berbasis Teknologi, website ini menyediakan :
  • Berbagai macam Aplikasi / App Windows dan Android ;
  • Review Aplikasi / App / Peripheral Device ;
  • Tips dan Trick dalam dunia teknologi ;
  • Tanya Jawab seputar dunia teknologi ;
  • Berita Teknlogi ;
  • And More…..
Lantas apa hubungannya nama “JalanTikus” dengan dunia teknologi, well, entahlah, hanya Tuhan dan para suhu di “JalanTikus” yang hanya tau jawabannya. hehehe.

Tapi menurut saya pribadi, nama “JalanTikus” itu sendiri bisa dikatan sangat enak didengar, mudah diingat (karna aneh) *peace , intinya beda dari yang lain, dan yang pastinya sangat “Indonesia”, lah mana mungkin ada Website luar pake nama “Jalan Tikus” . Nah, bagi kalian yang sudah cukup sering berselancar/berpetualang pasti sudah tidak asing bukan dengan Website yang satu ini, Yup, karna disini agan bisa menemukan poin-poin diatas.

Oke, cukup intermezonya, sesuai judul artikel ini "Site Review : Jalantikus.com .... " , maka pada kesempatan kali ini saya membahas tentang website Jalatikus, mulai dari apa itu Jalantikus.com?, Kenapa agan perlu tau ? , Fitur yang disediakan , Hal yang membedakan Jalantikus.com dengan situs lain, Pengalaman pribadi saya, sampai Wishlist / harapan saya terhadap Jalantikus.com untuk kedepannya.

* agan adalah sebuah kata ganti yang bisa berarti kalian / readers, referensensi kata ini bisa anda temukan di forum kaskus.co.id. Agan itu berasal dari kata juragan yang bermaksud sebuah kata ganti sapaan kalian/kamu atau sebagainya sepertinya yang saya jelaskan diatas. kata agan itu sendiri dapat dikatakan sebagai salah satu simbol rasa hormat dan keakraban antar pengguna internet.

Jalan tikus adalah salah satu web penyedia software/aplikasi untuk Windows dan Android. Tidak hanya itu, seperti yang utarakan diatas, kalian bisa memnemukan berbagai macam halnya menarik tentang dunia teknologi, mulai dari tips dan trick, berita teknologi, review yang sangat informatif, sampai forum tanya jawab. 



Mengacu pada judul posting “…One Place for Download…” Mengapa saya katakan demikian, Jelas, di JalanTikus.com agan bisa download ribuan* apikasi dan games secara Gratis…. Gratis? iya bro Gratisssss , ah palingan software bajakan , eittsss jangan salah bro, hampir** semua aplikasi dan games disini LEGAL**, dan asiknya di JalanTikus.com tidak ada Shorten Link (Ads)***. tinggal jos langsung Download. tentunya hal ini akan membuat agan semakin nyaman download di JalanTikus.com. Yang jelas jangan pernah berharap agan menemukan software bajakan disini, tapi ane jamin deh penggila software,game,teknologi pasti betah di JalanTikus.com


* “Tersedia Ribuan software dan Games!” ini Tagline resmi dari JalanTikus.com loh, coba deh cek TKP. jika ada yang protes soal jumlah aplikasinya, misal ternyata hanya ada 999 (gak sampe seribu). silahkan konfirmasi ke JalanTikus.com, ato coba deh agan itung sendiri semua aplikasinya ada berapa, hehehe

** mengapa saya katakan hampir, karna saya lihat JalanTikus juga menyediakan Game Mods, seperti Flappy Bird (MOD Anti Nabrak). menurut beberapa sumber, hal tersebut sudah dapat dikategorikan sebagai tindakan cracker (non legal). #CMIIW

*** Itu loh, semacam A*f.ly , Lin*buck , A*foc.us , dll.



Ane bukan designer gan
, tapi biarkanlah ane review tampilan / design JalanTikus.com , wong ini blog saya, hehehe becanda gan

Tengok tampilan PC “JalanTikus.com” berikut

Simpel, keren, elegan. Yup nampaknya ungkapkan tersebut sangat menggambarkan tampilan “JalanTikus.com”. entah siapapun designer yang mendesign website ini, saya beri Double Thumbs Up. Jujur saya kagum dengan design “JalanTikus.com” yang sangat memenuhi standar UI / Design Website 2014 (menurut saya). namun sayangnya tampilan “JalanTikus.com” belum responsive. coba deh agan resize browser menjadi setengah ukuran layar windows (gunakan fitur Aero Snap) , tampilan website tidak menyesuaikan ukuran browser.



Homepage (klik untuk memperbesar)


1. Logo / Home Button 


Logo yang simpel dan sangat menarik, dengan efek shadow yang tidak berlebihan saat berpadu dengan warna gelap.

2. Menu 
Bersikan 4 kategori utama yakni : Software, Games, Tips, Diskus

3. Facebook Login 
Button ini tentu fungsinya untuk login facebook, untuk apa login fb? Login Facebook ini dibutuhkan jika agan memberi komentar pada post atau mengajukan pertanyaan di Diskus “JalanTikus.com”

4. Searchbox 
Tampilan search box di Jalantikus.com

Dengan searchbox yang sangat besar dan mudah dilihat, tentu alasannya adalah agar pengunjung mudah untuk mencari software / app yang diingkan. (sotoy dikit hehehe)


Contoh hasil pencarian dengan keyword "BBM"


5. Slideshow
Tampilan slider di Jalantikus.com

Slideshows ini menampilkan 10 tips / artikel terakhir / pilihan “JakaTikus.com” , dengan sedikit cuplikan artikel di sebelah kanan gambar membuatnya semakin menarik. dan Slideshow ini juga auto slide, artinya akan otomatis berganti setiap 10detik.

6. Top 10 Downloads 
Menampilkan 10 daftar aplikasi / app yang paling banyak di download di JalanTikus.com

7. Featured Downloads 
Di bagian ini agan akan menemukan 4 aplikasi / app pilihan JalanTikus.com

8. Software Terbaru & Games Terbaru 
Di bagian ini agan akan menemukan sekitar 12 Software & Games terbaru dari JalanTikus.com

9. Tanya Jawab / Diskus
Disini agan bisa tanya jawab dengan user lain / admin, seputar permasalahan / kegalauan tentang teknologi, entah itu permasalahan gaming, hardware, software atau apapun asalkan tentang TEKNOLOGI.

10. Tips 
Sidebar ini menampilkan sedikitnya 12 Artikel Tips terbaru dari JalanTikus.com

11. Fanspage Link 
Dapatkan informasi menarik lainnya dari JalanTikus.com di social agan. JalanTikus.com memiliki Facebook Fanspage, Twitter, G+ Page, serta Youtube Channel.

12. Reviews
Di bagian kalian bisa melihat aplikasi/app/game/device yang sudah direview oleh Jalantikus.com

13. Footer
Pada bagian ini  terdapat kategori-kategori software seperti Antivirus & Security, Browser, Desktop Enhancement, Developer Tools, Driver & System, Downloader & Internet, Multimedia, Productivity, Social & Messaging, dan Utilities. Sementara untuk kategori Games terdapat Action, Casual, MMORPG, Other, Racing, RPG, Shooting, Sport, dan Strategi. Di sebelah kanan footer juga ada Social link Jalantikus.com

14. Live Chat
Tampilan Live chat Jalantikus.com
Mungkin fitur ini adalah fitur terbaik diantara semua fitur yang ada, live chat, itu berarti agan bisa chat langsung Jalantikus.com, agan boleh bertanya apa saja, ini sangat membantu bagi agan yang baru pertama kali mengunjungi Jalantikus.com
Segala kritik,saran, pertanyaan soal Jalantikus.com, atau sekedar chit chat, atau mungkin ada yang mau PDKT dengan Jalantikus.com , silahkan sampaikan disini gan.


Software Page
Tampilan software page JalanTikus.com

Contoh Software / App yang ada di JalanTikus.com

Di bagian kalian bisa menemukan ratusan macam software / app yang telah dibedakan menjadi dua kategori yakni untuk Windows dan Android, kalian juga bisa bisa mensortirnya untuk mempermudah pencarian, ada:

Daftar pilihan sortir Aplikasi /App di Jalan Tikus
Terbaru, ini sortir default Jalantikus.com daftar akan disortir menjadi daftar aplikasi /app paling up to date
Terlama, dengan keadaan sortir ini, kalian akan melihat daftar software / app dari pertama kali di upload oleh Jalantikus.com sampai yang paling terbaru di upload
Download Terbanyak, daftar aplikasi / app akan disortir menurut dari yang terbanyak di download (you don't say)
Rating Tertinggi, Daftar aplikasi akan disortir dari aplikasi rating tertinggi sampai terendah
Nama A-Z, daftar aplikasi / app akan disortir sesuai alpabetis dari A-Z

Oh ya, di page software ini juga terdapat banyak category : Browser, Social & Messaging, Downloader & Internet, Productivity, Developer Tools, Antivirus & Security,Utilities, Multimedia, Desktop Enhancement, dan Driver & System . Tentunya hal ini akan mempermudah juga kalian untuk mencari aplikasi / app yang diingkan.

Games Page
Tampilan Games page di Jalantikus.com
Tidak jauh berbeda dengan page software, disini kalian dapat menemukan berbagai macam game mulai dari game PC Offline , Online, dan Android. sama halnya dengan page Software kalian juga bisa mensortir daftar game.

Post Page
Tampilan posting di Jalantikus.com ,  ini salah satu contohnya "Ragnarok Online 2"
Ini adalah tampilan post view di Jalantikus.com, keren bukan? disini agan bisa melihat ulasan singkat, gallery / screenshot , informasi aplikasi/game, diskusi/komentar, File History / versi lain dan pastinya Download button untuk mengunduh aplikasi / game yang kita inginkan.

Sebenarnya agan juga bisa langsung saat di Game page.
Quick Description dan tombol download di page Games
Disini juga bisa memberi rating / penilaian kita tentang aplikasi / game tersebut, asalkan kita sudah login fb
Contoh rating yang berikan di post "Ragnarok Online 2"
Tips Page
Pada page ini agan bisa menemukan puluhan mungkin hingga ratusan tips, trick , berita menarik menengenai teknologi yang pastinya mungkin anda belum ketahui sebelumnya. artikel yang disampai dikemas dalam bahasa yang mudah dipahami dengan penempatan gambar yang tepat. dan yang pasti beritanya selalu Up-to-date (ini salah satu page favorit saya)

Tampilan page Tips di Jalantikus.com
Contoh artikel tips yang ada di Jalantikus.com

Diskus Page
Page ini adalah salah satu page unik yang disediakan oleh Jalantikus.com, yup, disini agan bisa saling bertanya ataupun menjawab pertanyaan kepada para penggunjung Jalantikus.com lain. Jika agan beruntung, Jalantikus akan langsung memberikan solusi atas pertanyaan yang anda sampaikan secara langsung. Singkatnya page ini adalah forum tanya jawab sepeti Yah** Ask, G**gle Ask, dll.

Tampilan Diskus Page di Jalantikus.com
Sebenarnya banyak sekali diluar sana situs maupun forum tanya jawab seperti yang saya sebutkan diatas, tapi sebagian besar situs/forum anda harus melakukan serangkaian registrasi form yang memusingkan, tidak seperti Jalantikus.com, agan hanya perlu akun Facebook agar bisa bertanya disini, tentu ini sangat cocok bagi agan yang sedang terdesak membutuhkan jawaban, karena tidak perlu register form / sign-up form yang cukup menghabiskan waktu.

Review Page

Nah ini page favorit saya "Review Page", karena jujur saya suka melihat / membaca artikel seseorang mengenai review sesuatu, apapun itu, terutama game (karena saya gamer hehehehe). Review yang dihadirkan Jalantikus sangat informatif dan dapat dikatan lengkap dan ada Verdict / Ringkasan penilaian dan (+)kelebihan serta (-)kekurangan produk/game/app yang di review, bahkan link download jika yang direview adalah app/game. tetapi sayang, saat mereview game Jalantikus.com tidak memberikan Minimum/Recomended System Requirements, but, selebihnya review dari Jalantikus.com oke kok.

Salah satu artikel review yang ada Jalantikus.com

Salah satu ringkasan review dan verdict yang ada di Jalantikus.com
Kabar bagus bagi agan yang suka browsing lewat smartphone, Jalantikus.com juga tersedia dengan mode mobile, sama seperti versi desktop, Jalantikus.com mengusung tema flat, simple, metro.  Dengan aplikasi Android yang cukup banyak di Jalantikus.com mungkin Jalantikus.com bisa menjadi alternatif bagi agan. Tapi gan di jalantikus.com kan .APK.... tenang, semua file dari Jalantikus.com sangat Trusted dan bebas dari Malware/Virus. 

Homescreen Jalantikus.com di Android
Tampilan kategori aplikasi Jalantikus.com di Android
Okay di part ini saya akan sedikit bercerita dulu bagaimana pertama kali saya menemukan Jalantikus.com (jika agan gak mau lihat saya curhat silahkan jump ke part user experience). Ini true story yang sedikit didramatisir. 

Cerita ini berlangsung sekitar 2 bulan yang lalu... pada pagi minggu yang cerah saya terbangun dari dari mimpi yang biasa saja...., termenung menatap jendela berharap handphone berbunyi ada SMS/BBM dari Gebetan menyapa di kala itu (saat itu saya Jomblo), tapi ternyata tidak ada satupun sms/bbm. Lantas saya langsung bergegas kekamar mandi untuk mandi pastinya, dan bersiap tuk jalani hari...... skip that part,... singkat cerita Ayah saya mengingatkan saya bahwa siang ini kami akan berangkat ke jakarta untuk suatu urusan, dan ayah meminta saya untuk cek di internet apakah jalan tol hari ini lancar.... karna kebetulan kuota hp sedang habis (eittsss tunggu, kok diatas bilang nunggu BBM? saya pake paket AON gan, yang pake kartu Tri/3 pasti ngerti) lantas saya langsung cek di laptop saya.... nah disinilah kejanggalan mulai terjadi... bermulai dari saya mengetik keyword di google "Jalan T....." seperti biasa google akan memberikan suggestion, dan kau tau apa yang terjadi....suggest teratas adalah Jalan Tikus ???? WTF, saat itu saya tertawa gak habis pikir kenapa banyak orang mencari keyword ini "Jalan Tikus" padahal saya mau mengetik "Jalan tol bogor", tapi saya mulai berfikir (emg gua bisa mikir? ah sudahlah...) pasti ada sesuatu yang spesial dengan Jalantikus ini, dan benar saja, setelah saya buka Jalantikus.com, saya mengerti mengapa ini bisa menjadi suggest teratas di Google.... bagaimana tidak, its like all Indonesian tech geek dreams come true, disana (Jalantikus.com) kita bisa mendapatkan informasi,tips/trik,review gadget, aplikasi,app secara gratis dan yang pasti berbahasa Indonesia jadi gk perlu muter otak lagi buat translate bahasa, (sekedar info saya biasa cari informasi teknologi di Lifehacker,The Verge, Winmatrix, Winpoin,dll yang notabennya berbahasa inggris, dan itu cukup bikin puyeng otak -__-, kan ada google translate bro... tau sendirilah kadang google translate tuh suka ngelawak,well, I have bad memory with Google translate, curhat dikit, ane pernah dapet nilai yang meyedihkan saat buat tugas artikel bahasa inggris waktu SMP gara-gara Google Translate, thats it.... Damn you Google Translate), singkat cerita di hari minggu tersebut, pagi harinya hanya kuhabiskan untuk Jalantikus.com dan tanpa informasi sedikitpun tentang jalan tol yang saya niatkan dari awal..... siangnya saya berangkat ke Jakarta, sebelum berangkat ayah saya berkata "Udh dapet info tentang Jalan tolnya?" , my answer "Oh.... jalan tol lancar pah, hehehehe", dan ayah saya berkata lagi "Ah pasti tadi nyangkut di internet ( mksdnya saya ngaprak ke web lain), gk nyari info soal jalan tol..." , tapi untungnya saat diperjalanan... Jalan tolnya beneran lancar.... LOL..... dan haripun berjalan sebagaimana mestinya.
Reaksi saya saat pertama kali buka Jalantikus.com

Hikmah dari kisah ini :
  • Kalau agan searching dengan keyword "Jalan T..." pasti suggest terasatas adalah "Jalan Tikus".... and thats amazing
  • Kalau mau cari informasi tentang jalan tol, mending gausah, buka jalan tikus aja bro.. banyak aplikasi gratis disana huehuehuehue

My Personal Experience with Jalantikus.com 
What can i say.... i love technology... Jalantikus.com sudah seperti portal all in one saya untuk mencari segalanya tentang teknologi. tampilan yang sangat user friendly baik di Desktop maupun mobile, membuat saya semakin nyaman berlama-lama di jalantikus.com. saya sudah ratusan kali download di jalantikus.com dan tidak pernah menemukan masalah link rusak, file error, malware/virus.... saya bisa jamin 100% file di jalantikus.com bebas dari virus....  di tambah fitur diskus, jadi jika punya masalah bisa langsung antar sesama user di Jalantikus.com.

Sekarang saya akan memabahas bahawa Jalantikus.com itu berbeda dari situs lainnya dalam konteks yang memberikan konten yang sama, berbeda disini adalah berbeda yang positif, yang mungkin hanya anda bisa temukan di Jalantikus.com :

User Friendly for Desktop and Mobile
Tidak diragukan lagi, tampilan Desktop dan Mobile jalantikus.com sangat user friendly, dengan design yang simpel namun tetap elegan, membuat pasti betah berlama-lama.

Original
Semua postingan/artikel tips dan review murni ditulis oleh Jalatikus.com, jadi setiap artikel memiliki nilai orisinalitas tensendiri menurut saya

One Portal for everything
Seperti yang saya sampaikan diatas.... di Jalantikus.com anda bisa mendapatkan banyak hal, mulai dari informasi teknologi, review, aplikasi, app, dll

Less Ads
Yeah ini dia yang saya suka dari dari Jalantikus.com, sejauh ini saya hanya menemukan satu ads di itupun letaknya sangat tidak menggangu. di jalantikus.com tidak ada Pop-up ads, bahkan tidak ada shorten link ads saat download.

Download is download
download is download , you don't say...., eitsss maksud saya adalah jika agan mengklik button download di jalantikus.com itu berarti agan benar-benar langsung download, tidak seperti kebanyakan situs lainnya yang bertele-tele anda harus melewati shoten link ads lah, file hosting yang menyebalkan lah, share/like/tweet untuk download lah,captcha lah,dll di Jalantikus.com agan benar-benar gak akan menemukan hal tersebut, jadi kalau agan klik button download di Jalantikus.com ya itu berarti agan benar-benar langsung download.....

Had own Hosting file
Sepeti yang saya katakan diatas "Download is download", karena Jalantikus.com memiliki file hosting sendiri, jadi anda tidak akan lari ke situs/file hosting lain untuk mendownload. maka dari dapat dipastikan agan akan jarang menemukan file yang bermasalah/corrupt

Its Fast
Kabar baik bagi para pengguna kuota internet user seperti saya, page load Jalantikus.com itu sangat cepat dan agan kira-kira hanya butuh 1.5MB* untuk pertama kali buka Jalantikus.com, kecil sekali bukan.

*berdasarkan hasil tes di pingdom.com

Live Chat
Saya sudah bahas ini di cek diatas bagian "Features (PC)", degan live agan bisa chat langsung Jalantikus.com, agan boleh bertanya apa saja, ini sangat membantu bagi agan yang baru pertama kali mengunjungi Jalantikus.com

Ask your Problems here
Yups di Jalantikus.com anda bisa langsung curhat/diskusi dengan user lain jika punya permasalahan seputar software/game/app/android/dll. Silahkan kungjungi page Diskus lalu pilih "Submit diskus" untuk memulai diskusi....

Up to date
Ini yang benar-benar memedakan Jalantikus.com dengan situs sejenis lainnya, yups, artikel dan aplikasi selalu up to date
Untuk kedepannya saya harap Jalantikus.com selalu seperti, orisinal dan selalu up to date. tetapi disini saya selaku pengunjung Jalantikus.com saya ingin menyampaikan wishlist dan harapan untuk kemajuan jalantikus.com kedepan pastinya :

Native Mobile Apps
Ini yang pasti diharapkan oleh pengguna smartphone (Android,WP,iOS). dan saya yakin kedepannya pasti Jalantikus pasti akan meluncurkan Native Mobile App sendiri seperti App Bagas31 yang ada di android.

Daftar isi/Sitemap/Index
Jujur saya pribadi sangat mengarapkan fitur ini, agar memudahkan user untuk melihat semua app ,tips, review secara lengkap.Jadi tidak perlu search, tinggal ke "Index" lalu CTRL+F dari browser hehehehehe

Responsive Desktop UI
User Interface Jalantikus.com bisa sudah enak dilihat dan sangat bagus, namun saya sangat mengharapkan agar Jalantikus.com benar-benar mempertimbangkan untuk membuat desktop ui jalantikus.com menjadi responsive. agar pengunjung yang memiliki resolusi rendah bisa merasakan kenyaman yang sama. karena saya mencoba akses Jalantikus.com dari laptop jadul saya yang memiliki resolusi hanya 1024x768, tampilan Jalantikus.com menjadi sedikit terpotong.

Missing Image @Gallery
Ini yang sangat saya sayangkan cukup banyak aplikasi / games di jalantikus.com Gallerynya kosong,
memang sih kita bisa upload image kita ke Jalantikus.com, bagaimana tidak ada user yang upload?, dan bagaimana untuk pengunjung yang benar-benar tidak tahu software / game tersebut, itu pasti membuat penasaran tersendiri (seperti saya), saya yakin pihak Jalantikus.com pasti mengerti maksud saya :)

Jalantikus adalah website penyedia software,app dan games (yang berbasis bahasa indonesia) yang terlengkap saat ini  menurut saya. tidak hanya itu disini agan juga bisa menemukan tips berita serta review yang sangat menarik, oleh karena itu saya nobatkan Jalantikus sebagai :

" A Badass Mice on Internet "

Okay, itu semua hal bisa sampaikan mengenai Jalantikus.com, semoga review ini berguna bagi agan, dan untuk kedepannya saya harap Jalantikus selalu bisa menjadi portal teknologi untuk para techgeek indonesia. 

Artikel review ini bersifat subjektif dan segala pembahasan murni opini saya selaku pengunjung website Jalantikus.com. tidak ada pihak ataupun seseorang yang membuat saya terpaksa membuat artikel review ini. Segala penilaian kembali pada pribadi masing-masing, OK gan :D



Artikel Terkait



6 komentar

  1. Waaah lagi ikutan kontes ya.. semoga menang deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih gan, Amin :D

      Ditunggu kunjungan selanjutnya

      Hapus
  2. bahasa campur campur indonesia inggris .. tapi design nya bagus ... :)

    BalasHapus
  3. Hehehe sudah kebiasaan gan :D

    Ditunggu kunjungan selanjutnya...

    BalasHapus

 

Follow at Google+

CHATBOX

Rekomendasi

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Donate Us

Donasi anda sangat berarti bagi perkembangan Blog ini